Contoh proposal kegiatan porseni karang taruna
PROPOSAL KEGIATAN
BULAN BHAKTI KARANG TARUNA HANDAYANI
DESA BANSARI, KECAMATAN BANSARI
TAHUN 2017
Di susun oleh :
Panitia Bulan Bakti
Karang Taruna Handayani
I.
LATAR BELAKANG
Bulan Bhakti Karang Taruna Handayani
tahun 2017 ini merupakan program kerja tahunan pengurus Karang Taruna
Handayani. Kegiatan Bulan Bhakti ini diharapkan dapat meningkatkan mutu sumber
daya manusia yang kreatif, inovatif, produktif, dan daya saing yang tinggi.
Melalui ajang ini dipandang perlu meningkatkan peran serta masyarakat yang
lebih meluas dan merata serta ditumbuh-kembangkan kepedulian dan tanggung jawab
semua pihak melalui sport community, sport center, dan sport fund secara
sistemik dan sinergik.
Bulan Bhakti
ini diharapkan sebagai salah satu momentum yang sangat penting dan strategik
bagi pemberdayaan keolahragaan dan seni di kalangan masyarakat Desa Bansari,
sekaligus dapat dijadikan sebagai alat pemersatu masyarakat Desa Bansari.
II.
TUJUAN KEGIATAN
1.
Meningkatkan
tali silaturrahmi masyarakat Desa
Bansari,
2.
Meningkatkan
rasa persatuan dan kesatuan masyarakat Desa Bansari khususnya pemuda dan pemudi,
3.
Meningkatkan
kualitas masyarakat pada bidang olahraga dan seni,
4.
Sebagai
wadah kreatifitas masyarakat Desa Bansari,
5.
Sebagai
tempat berkumpul dan hiburan bagi Warga Desa Bansari secara umum.
III.
PELAKSANAAN KEGIATAN
1.
Nama
kegiatan : Bulan Bhakti Karang Taruna Handayani tahun 2017
2.
Motto
Kegiatan : “Meraih Prestasi, Menjalin Persaudaraan”
3.
Tema
kegiatan : “Melalui Bulan Bhakti kita tingkatkan persatuan
dan kesatuan
masyarakat Desa Bansari”
4.
Pelaksana : Panitia Bulan Bhakti Karang Taruna Handayani
tahun
2017 (sebagaimana terlampir)
5.
Waktu
kegiatan : Jum’at – Minggu, 28-30
Juli 2017
(jadwal
kegiatan terlampir)
6.
Tempat
kegiatan : Lapangan Desa Bansari
IV.
PESERTA
Peserta Bulan Bhakti Karang Taruna ini adalah seluruh lapisan
masyarakat Desa Bansari yang terdiri dari wilayah :
1.
Tambahrejo
2.
Sawit
3.
Tambahsari
4.
Srimulyo
5.
Banaran
6.
Tegalsari
7.
Bangunsari
8.
Pringapus
9.
Malatan
V.
CABANG PERLOMBAAN
No
|
Cabang Perlombaan
|
Kategori
|
Jumlah Peserta
|
1
|
Lomba mewarnai
|
Anak-anak [TK]
|
1 [Pa/Pi]
|
2
|
Bansari Cerdas
|
Anak-anak [SD]
|
3 [Pa & Pi]
|
3
|
The Voice Kids
|
Anak-anak [TK-SD]
|
1 [Pa/Pi]
|
4
|
Makan Krupuk
|
Anak-anak [SD]
|
1 [Pa/Pi]
|
5
|
Masukkan Pensil
|
Anak-anak [SD]
|
1 [Pa/Pi]
|
6
|
Pidato Bahasa Jawa
|
SU [max 30 tahun]
|
3 [Pa & Pi]
|
7
|
Mas dan Mbak
|
SU [15-30 tahun]
|
2 [Pa & Pi]
|
8
|
Karaoke "Just Duet"
|
SU
|
2 [Pa & Pi]
|
9
|
Temon Holic
|
SU
|
max 10 orang
|
10
|
Master Chef
|
SU
|
2 [Pa/Pi]
|
11
|
Makan & minum sepuasnya
|
SU
|
1 [Pa]
|
12
|
Kereta Buta
|
Remaja [SMP-SMA]
|
5 Pa & 5 Pi
|
13
|
Terong Bola
|
Dewasa (ibu-ibu)
|
2 [Pi]
|
14
|
Balapan Tuyul
|
Remaja [SMP-SMA]
|
1 [Pa] & 1 [Pi]
|
15
|
Game Hore
|
SU
|
7 [Pa &Pi]
|
16
|
Rias wajah
|
Dewasa
|
1 Pa & 1 Pi
|
17
|
Voley
|
Umum
|
1 tim Pa & 1 tim Pi
|
18
|
Pingpong
|
Umum
|
Ganda Pa
|
19
|
Kasti
|
Umum
|
1 tim Pi
|
20
|
Tarik Tambang
|
Dewasa
|
5 Pa & 5 Pi
|
28
|
Marathon tim
|
Umum
|
3 [Pa & Pi]
|
29
|
Lari Estafet
|
Umum
|
3 [Pa & Pi]
|
Keterangan :
Pa = Putra
Pi = Putri
Pa/Pi = Pilih salah satu
Pa & Pi = Campuran
VI.
RENCANA
ANGGARAN DAN BIAYA
(Terlampir)
VII.
PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat, kami mengharapkan
dukungan dan partisipasi Bapak/Ibu/Saudara. Kegiatan ini akan terselenggara
dengan sukses apabila terjalin kerjasama yang baik antara jajaran panitia
penyelenggara, sponsorship, dan dukungan dari berbagai pihak. Dan semoga acara
ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada halangan suatu apapun dan dapat
memberikan manfaat bagi semua pihak. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu/Saudara,
kami ucapkan terima kasih.
PANITIA
PELAKSANA
Ketua Panitia
|
Sekretaris
|
Tyas Ade Purwoko
|
Hardi
|
Lampiran I
SUSUNAN PANITIA PELAKSANA BULAN BHAKTI KARANG TARUNA HANDAYANI
TAHUN 2017
Penanggung Jawab :
Wuryanto, S.T
Ketua : Tyas Ade Purwoko
Wakil Ketua :
Nur Kholis
Sekretaris :
Hardi
Bendahara :
Mashitoh
Seksi :
1.
Sie.
Acara : 1) Sofyan Ashari
2)
Sugeng
2.
Sie.
Konsumsi : 1) Wiji
2) Imro’atul
3.
Sie.
Perkab : 1) Saryanto
2)
Husein
4.
Sie.
PubDekdok : 1) Harman
2)
Zudha
5. Sie. Keamanan : Linmas
6. Koordinator
Lapangan : Suratman
Koordinator perlombaan :
1.
Bansari
Cerdas : 1) Rita
2) Santoso
2.
Pidato : 1) P. Muslimin
2)
Seneng
3.
Lomba
Mewarnai : 1) Bu. Anis
4.
The
Voice Kids : 1) Abdul rozak
2)
Wahyudi
5.
Mas
dan Mbak : 1) Hendri
6.
Makan
Krupuk : 1) Istri Karunia
7.
Masukkan
Pensil : 1) Cimox
8.
Karaoke
& Temon Holic : 1) P. Turatman
2)
P. Gomdes
9.
Master
Cheff : 1) B. Sudar
2)
10. Makan dan minum : 1) Elfa
2)
Tyok
11. Rias Wajah : 1) Dyah
12. Game Hore : 1) Taufik
2)
Supri (Crazy)
13. Balap Tuyul : 1) Syarif
2)
Madlon
14. Terong Bola : 1) P. Untung
15. Kereta Buta : 1) Samsul
2) Surat
16. Lari Estafet : 1) Pujek
17. Marathon : Hafidz
18. Tarik Tambang : 1) P. Untung
2)
P. Supri
19. Kasti : B. Leni
20. Pingpong : P. Agus
21. Volly : 1) Eko
2)
Yoga
Koordinator wilayah :
1.
Sawit : 1) Eko
2)
Turadi
3)
Opin
2.
Tambahrejo : 1) Yoga
2)
Udin
3.
Tambahsari : 1) Purwanto
2)
Iyok
4.
Srimulyo : 1) Agus Jepang
2)
Anwar
5.
Tegalsari : 1) Wahyu
2)
Krisnawan
6.
Banaran : 1) Sujar
2)
Hadziq
7.
Bangunsari : 1) Deni
2)
Ragil
8.
Pringapus : 1) Nur Haji
2)
Tri Waluyo
9.
Malatan : 1) Sujadi
2)
Fendi
Lampiran II
Jadwal Kegiatan Bulan Bhakti Bansari Tahun 2017
Hari/Tanggal
|
Jam
|
Acara
|
Penanggung Jawab
|
Jum'at / 28 Juli 2017
|
13.00-14.00
|
Upacara Pembukaan
|
Sie. Acara
|
14.00-selesai
|
Marathon Tim
|
Hafidz, Seneng, Tyok, Cimok, Dewi
|
|
14.00-selesai
|
Volly putra
|
Eko, Yoga, P. Iyon, Madlon
|
|
14.00-selesai
|
Pingpong
|
P. Agus, Rozak
|
|
14.00-selesai
|
Kasti
|
B. Leni, B. Sudar, Nia, Rita
|
|
15.00-selesai
|
Tarik Tambang Putra
|
P. Untung, P. Supri, P. Gondes
|
|
15.30-selesai
|
Rias Wajah
|
Dyah, Samsul
|
|
16.00-selesai
|
Game Hore
|
Taufik, Crazy, Cimok, Hardi, Hendri
|
|
Sabtu / 29 Juli 2017
|
13.00-14.00
|
Master Chef
|
B. Sudar, Imro’
|
13.00-14.00
|
Makan dan Minum sepuasnya
|
Elfa, Tyok
|
|
14.00-selesai
|
Volly putri
|
Eko, Yoga, P. Iyon, Madlon
|
|
14.00-selesai
|
Pingpong
|
P. Agus, Rozak
|
|
14.00-selesai
|
Kasti
|
B. Leni, B. Sudar, Rita, Nia
|
|
14.00-selesai
|
Lari esafet
|
Pujek, Nur Cholis
|
|
14.00-15.00
|
Kereta Buta
|
Samsul, Surat, Rozak
|
|
14.00-15.00
|
Terong Bola
|
P. Untung, Hafidz
|
|
15.00-16.00
|
Balapan Tuyul
|
Syarif, Madlon, Nia, Rita
|
|
15.00-selesai
|
Tarik Tambang putri
|
P. Untung, P. Supri, P. Gondes
|
|
16.00-16.30
|
Kesenian Kubro Siswo dari perangkat Desa
|
Samsul, Kentong
|
|
16.00-selesai
|
Game Hore
|
Taufik, Crazy, Cimok, Hardi, Hendri
|
|
Minggu / 30 Juli 2017
|
08.30-selesai
|
Kasti
|
B. Sudar, B. Leni, Nia, Rita
|
09.00-selesai
|
Final Volly
|
Eko, Yoga,
|
|
09.00-10.00
|
Lomba Mewarnai
|
B. Anis, Imro’atul
|
|
09.00-selesai
|
Bansari Cerdas
|
Rita, Santoso
|
|
09.00-10.00
|
Makan Krupuk
|
Istri Karunia, Wiji, Taufik
|
|
09.00-10.00
|
Masukkan Pensil
|
Nur Cimox, Crazy, Dewi
|
|
09.30-11.00
|
The Voice Kids
|
Abdul Rozak, Wahyudi
|
|
11.00-13.00
|
Pidato Bahasa Jawa
|
P. Muslimin, Seneng
|
|
13.00-14.00
|
ISHOMA
|
||
14.00-15.30
|
Mas dan Mbak
|
Hendri
|
|
16.00-17.00
|
Karaoke "Just Duet"
|
P. Turatman, P. Gondes, Sugeng
|
|
16.00-17.00
|
Temon Holic
|
P. Gondes, P. Turatman, Sugeng
|
|
17.00-19.00
|
ISHOMA
|
||
19.00
|
Selametan Wiwitan
|
Sie. Acara
|
|
19.30-29.00
|
Kesenian
|
Sie . Acara
|
|
*Jadwal diatas masih bersifat sementara, apabila ada perubahan akan
disampaikan kepada koordianator wilayah masing-masing
Lampiran III
Anggaran Belanja
1.
Pengeluaran
NO
|
URAIAN
|
VOLUME
|
SATUAN
|
HARGA SATUAN (Rp.)
|
JUMLAH (Rp.)
|
1
|
Trophy Juara/set
|
52
|
pcs
|
100.000
|
5.200.000
|
2
|
Trophy Juara Umum
|
1
|
pcs
|
150.000
|
150.000
|
3
|
Piagam
|
52
|
pcs
|
3.000
|
156.000
|
4
|
Banner
|
20
|
m2
|
10.000
|
200.000
|
5
|
Banner Photo Booth
|
20
|
m2
|
10.000
|
200.000
|
6
|
Sound System
|
1
|
set
|
700.000
|
700.000
|
7
|
Lighting
|
1
|
set
|
100.000
|
100.000
|
8
|
Tratak
|
1
|
set
|
100.000
|
100.000
|
9
|
Blabag
|
25
|
pcs
|
5.000
|
125.000
|
10
|
Tranportasi
|
1
|
keg
|
300.000
|
300.000
|
11
|
Konsumsi panitia
|
1
|
Keg
|
2.000.000
|
2.000.000
|
12
|
Konsumsi rapat
|
5
|
keg
|
200.000
|
1.000.000
|
13
|
P3K
|
1
|
set
|
250.000
|
250.000
|
14
|
Keamanan
|
1
|
keg
|
200.000
|
200.000
|
15
|
Perijinan
|
1
|
keg
|
1.000.000
|
1.000.000
|
16
|
Penggandaan Proposal
|
10
|
eks
|
10.000
|
100.000
|
17
|
Stempel
|
1
|
pcs
|
90.000
|
90.000
|
18
|
ATK
|
1
|
keg
|
350.000
|
350.000
|
19
|
Co card panitia
|
50
|
pcs
|
10.000
|
500.000
|
20
|
T-shirt Panitia
|
50
|
pcs
|
50.000
|
2.500.000
|
21
|
Fee Juri
|
10
|
org
|
150.000
|
1.500.000
|
22
|
Pamflet
|
25
|
pcs
|
2.000
|
50.000
|
23
|
Operasional Publikasi
|
1
|
keg
|
100.000
|
100.000
|
24
|
Dokumentasi
|
1
|
keg
|
200.000
|
200.000
|
25
|
Bola Volly
|
6
|
pcs
|
5.000
|
30.000
|
26
|
Rafia
|
2
|
ball
|
20.000
|
40.000
|
27
|
Bola Pingpong
|
1
|
slop
|
30.000
|
30.000
|
28
|
Bola Kasti
|
3
|
pcs
|
20.000
|
60.000
|
29
|
Pilox
|
1
|
pcs
|
25.000
|
25.000
|
30
|
Agar-agar
|
1
|
pack
|
35.000
|
35.000
|
31
|
Jambu
|
3
|
kg
|
5.000
|
15.000
|
32
|
Terong
|
1
|
kg
|
10.000
|
10.000
|
33
|
Karung
|
10
|
pcs
|
20.000
|
200.000
|
34
|
Balon
|
20
|
pcs
|
1.000
|
20.000
|
35
|
Paku
|
2
|
kg
|
15.000
|
30.000
|
36
|
Krupuk
|
1
|
pack
|
15.000
|
15.000
|
37
|
Bedak tabur
|
9
|
pcs
|
10.000
|
90.000
|
38
|
Lipstick
|
9
|
pcs
|
15.000
|
135.000
|
39
|
Lain-lain
|
1.100.000
|
1.100.000
|
||
Total
|
18.906.000
|
2.
Pemasukan
a.
Bantuan
Pemerintah Desa Rp. 9.000.000,-
b.
Sponsor
Rp. 9.906.000,-
BULAN BHAKTI KARANG TARUNA HANDAYANI
DESA BANSARI, KECAMATAN BANSARI
TAHUN 2017
Dengan
target utama dalam kegiatan Bulan Bhakti Karang Taruna adalah segment
pasar yang penting dalam membuka peluang bentuk branding produk maupun image.
Disini panitia penyelenggara menawarkan paket kerjasama sebagai sarana promosi
dengan tujuan memberi manfaat bersama baik secara komersil bagi perusahaan dan
perubahan sistem hidup dan penghidupannya. Adapun jenis sponsorship yang
tersedia dalam kegiatan ini adalah :
1.
Sponsor Tunggal
Dukungan :
Bertindak sebagai sponsor dengan kesanggupan untuk menanggung 100% biaya
penyelenggara acara.
Kompensasi :
a.
Pemasangan
umbul umbul sebanyak 50 buah di venue.
b.
Pemuatan
Logo pada :
-
Spanduk
-
Pamflet
-
Banner
-
Co
Card
-
Media
Elektronik
c.
Sponsor
ini masih diberi kesempatan untuk menambah jenis promo advertiding lainnya
dengan tanpa membebani biaya kepada panitia penyelenggara.
2.
Sponsor Utama
Dukungan :
Bertindak sebagai sponsor dengan kesanggupan menanggung 75% biaya peyelenggara.
Kompensasi :
a. Pemasangan umbul-umbul sebanyak 30 buah di venue.
b. Pemuatan logo pada banner, pamflet, co card dan spanduk.
3.
Co Sponsor
Dukungan : Bertindak
sebagai sponsor dengan kesanggupan untuk menanggung 50% untuk biaya
penyelenggara acara.
Kompensasi :
a.
Pemasangan
umbul-umbul sebanyak 30 buah di venue
b.
Pemuatan
logo pada spanduk, banner, pamlet.
4.
Sponsor Partisipasi
Bertindak
sebagai sponsor yang bersedia memberikan kontribusi dana berdasarkan
imbalan/kompensasi yang diberikan panitia penyelenggara. Namun apabila ada
pihak yang bersedia mensponsori sesuai yang tercantum di atas maka pidak
sponsor partisipasi dinyatakan gugur.
KETENTUAN UMUM SPONSORSHIP
1.
Sponsor
dapat mengajukan bentuk sponsorship lain pada pihak panitia tanpa mengubah
konsep yang disepakati.
2.
Keputusan
sponsorship paling lambat diterima selambat-lambatnya satu terhitung proposal
masuk.
3.
Materi
promosi terkait sponsorship diterima panitia selambat-lambatnya satu minggu
sebelum event di laksanakan.
4.
Syarat
pembayaran dapat dilakukan dengan cara :
a.
Pembayaran
tahap I/DP (down payment) sebesar 50% dari jumlah sponsorship yang dimaksud
pada saat penandatangan kontrak.
b.
Sisa
pembayaran harus dilunasi paling lambat satu hari sebelum event dilaksanakan.
c.
Pembayaran
bisa secara langsung atau via transfer bank.
d.
Pembatalan
kontrak yang dilakukan pihak sponsor berdasarkan ketentuan dikenakan biaya
sebesar 40% dari total anggaran yang disepakati bersama dalam kontrak.
e.
Pembatalan
kontrak yang dilakukan dari podak panitia penyelenggara, sponsorship akan
menerima penggantian biaya 100% dari total anggaran yang disepakati bersama
dalam kontrak.
SPONSORSHIP DESCRIPTION
1.
Pihak
yang dimaksud ikut berpartisipasi dalam acara tersebut dapat langsung
menghubungi penyelenggara di sekretariat Karang Taruna (Komplek kantor Desa
Bansari atau mengubungi no. 0857-1284-8153) dan menandatangani surat perjanjian
kerjasama disertai pembayaran 50% dari total budget yang disepakati dan sisanya
dibayarkan selambat-lambatnya H-1 dari pelaksanaan event.
2.
Penandatangan
surat perjanjian kerjasama hanya dapat dilakukan oleh penanggung jawab
perusahaan yang bersangkutan dengan pantia penyelenggara dengan keterangan
identitas sebagai berikut :
NAMA
:.......................................................................................................................
NO KARTU IDENTITAS
:......................................................................................................................
ALAMAT
:.......................................................................................................................
TELEPON/HP
:........................................................................................................................
3.
Untuk
sponsor tunggal, sponsor utama, dan co sponsor pemberian batas kepastian
berpartisipasi hingga
.......................................................................
4.
Hal-hal
yang belum tercantum dalam proposal ini akan diputurkan melalui kesepakatan
bersama antar kedua belah pihak (antara sponsor dan panitia pelaksana).
SURAT PERJANJIAN KERJASAMA
Pada
hari ini ................................. tanggal ...........................
tahun .................... telah ditandatangani surat perjanjian kerjasama oleh
dan antara :
1.
Nama :
.......................................................
Alamat :
.......................................................
No. Telp/Hp :
.......................................................
No. KTP/SIM :
.......................................................
Bertindak atas nama :
.......................................................
Jabatan :
.......................................................
Selanjutnya disebut sebagai pihak ke I.
2.
Nama :
..........................................................
No. KTP/SIM :
..........................................................
Bertindak atas nama :
...........................................................
Jabatan :
...........................................................
Selanjutnya disebut sebagai pihak ke II.
UMUM
Pasal 1
Pihak
II sepakat untuk berpartisipasi sebagai ......................................................
dalam acara yang diselenggarakan oleh pihak I yang akan diselenggarakan pada
hari yang disepakati.
Pasal 2
Sebagai
............................................................. pihak II
berkewajiban untuk :
1.
Membayar
fee kepada pihak I sebesar Rp. .............................................
Dengan ketentuan sebagai berikut :
Tahap I :
membayar 50% atau uang sebesar .............................................................................................................................pada
saat penandatanganan surat perjanjian kerjasama.
Tahap II :
membayar 50% atau uang sebesar ..........................................................................................................................................................................................................................................................
selambat-lambatnya H-1 pelaksanaan event atau bertepatan pada hari
.............................................................................................................................
2.
Memberikan
produk barter berupa
..................................................................... dengan
bentuk barang
........................................................................................
sejumlah
.............................................................................................................
3.
Mematuhi
peraturan yang berhubungan dengan teknis penyelenggaraan di lokasi sesuai
peraturan yang ditetapkan panitia penyelenggara.
Pasal 3
Pihak
II berhak atas
........................................................................................................................................................................................................................................................................
FORCE MAJEUR
Pasal 4
Bahwa
apabila ada force majeur atau hal-hal yang berada diluar kemampuan manusia dan
atau kedua belah pihak seperti bencana alam, banjir, gempa bumi, kebakaran,
huru hara, perubahan kebijakan pemerintah dan sebagaimana dimaksud dalam pasal
1, kedua belah pihak sepakat untuk musyawarah bersama dalam rangka mencari
penyelesaian.
Pasal 5
Khusus
untuk peningkaran pembayaran tanpa konfirmasi dengan sistem sebagaimana
dimaksud dalam pasal 2 ayat 1 maka pihak 1 berhak membatalkan keterlibatan
pihak II secara sepihak dalam acara ini dan pihak ke II bertanggung jawab atas
dampak yang muncul baik dari pidak I maupun pihak II.
PEMBATALAN
1.
Apabila
ada pihak I melakukan pembatalan perjanjian kerjasama secara sepihak, maka
pihak II berkewajiban untuk mebayar ganti rugi uang senilai 100% dari fee
sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 ayat 1 oleh pihak II.
2.
Apabila
pihak II melakukan pembatalan perjanjian kerjasama secara sepihak, maka pihak I
berhak atas ganti rugi dari pihak II senilai 200% dari fee sebagaimana yang
dimaksud dalam pasal 2 ayat 1.
TAMBAHAN
hal-hal
yang belum diatur dalam surat perjanjian ini dapat ditambahkan kemudian,
setelah ditandatangani kembali oleh kedua belah pihak yang selanjutnya disebut
sebagai lampiran dan menjadi satu kesatuan dengan kekuatan hukum yang sama
dengan surat perjanjian.
PENUTUP
Pasal 8
1.
Apabila
terjadi permasalahan antara kedua belah pihak dalam menjalankan isi surat
perjanjian kerjasama ini dikemudian hari, kedua belah pidak sepakat untuk
menyelesaikan secara kekeluargaan dan apabila tidak tercapai kesepakatan maka
kedua belah pidak sepakat untuk menunjuk lembaga yang berwenang diwilayah yang
bersangkutan untuk membantu mencarai penyelesaian.
2.
Surat
perjanjian ini dibuat rangkap dua selanjutnya masing-masing berlaku serta
memiliki kekuatan hukum yang sma semenjak keduanya menandatangani kesepakatan
bersama.
3.
Demikian
surat kerjasama ini dibuat, disusun, dan ditandatangani oleh kedua belah pihak
dalam keadaan sadar, sehat jasmani rohani, tanpa ada paksaan dari pihak
manapun.
Hari ................................................. tanggal
........................... bulan ................ tahun 2017.
Pihak I
|
Pihak II
|
(....................................................)
|
(........................................................)
|
Komentar
Posting Komentar